Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahfud MD Berperan dalam Meningkatnya Kepercayaan Publik pada Penegakan Hukum

Rabu, 01 Maret 2023 – 19:35 WIB
Mahfud MD Berperan dalam Meningkatnya Kepercayaan Publik pada Penegakan Hukum - JPNN.COM
Menko Polhukam Mahfud MD dinilai memiliki peran meningkatkan kepercayaan publik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode Februari 2023 mencatat kepercayaan naik pada bulan ini menjadi 35 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Artinya, ada peningkatan kepercayaan publik terhadap penegakan hukum yang makin baik.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan, Ph.D dalam rilis hari ini mengatakan bahwa 3 5 persen publik menilai penegakan hukum sangat baik dan baik,.

Lalu, sedang 29,4 persen, buruk dan sangat buruk 29,6 persen, dan tidak menjawab 6,1 persen.

Survei dilaksanakan LSI pada 10-17 Februari 2023 terhadap 1.228 responden melalui sambungan telepon. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Pada Januari 2023, penegakan hukum dinilai baik dan sangat baik 32,6 persen. Posisinya mulai menaik,” jelas Djayadi dalam pemaparan hasil survei bertajuk Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu-Isu Penegakan Hukum, dan PSSI secara virtual, Rabu (1/3). 

Pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi yang menjadi penanggap rilis tersebut, menilai positifnya kinerja pemerintah dalam penegakan hukum tidak lepas dari peran Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

“Penegakan hukum juga kalau ditanya (kepada) publik seca umum, banyak yang katakan positif daripada buruk, terlepas dari catatan-catatan penting Bung Zainal, seperti ada sosok Pak Mahfud. Pak Mahfud jadi penyelamat wajah hukum pemerintah,” ungkap Burhanuddin yang juga direktur eksekutif Indikator tersebut. 

Menko Polhukam Mahfud MD dinilai memiliki peran meningkatkan kepercayaan publik terhadap penegakan hukum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close