Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahfud MD Menyerukan Hal Penting Jelang Tahun Baru Islam

Senin, 09 Agustus 2021 – 23:17 WIB
Mahfud MD Menyerukan Hal Penting Jelang Tahun Baru Islam - JPNN.COM
Ilustrasi - Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengisi kajian virtual menjelang 1 Muharram, Senin (9/8).

Kajian jelang 1 Muharram diikuti sekitar 1.000 peserta dari berbagai wilayah dan perwakilan Bank Indonesia di berbagai negara.

Dalam pemaparannya Mahfud menyerukan momentum Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H dijadikan sebagai pembangkit optimisme dan harapan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi COVID-19.

"Apa yang bisa kita ambil dari peristiwa hijrah Nabi, pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran."

"Nabi mau dibunuh, dikejar ke mana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tetapi Nabi Muhammad tetap bersabar."

"Oleh sebab itu, jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini mari pupuk kesabaran," ujar Mahfud dalam siaran persnya.

Menurut Mahfud, sabar sekurang-kurangnya ada tiga. Yakni, sabar terhadap musibah, sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin.

Kemudian yang ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimistis dan tangguh.

"Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tetapi sikap pantang menyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar," kata Mahfud yang juga alumni Pondok Pesantren Al-Mardhiyah, Pamekasan, Madura ini.

Dalam memperkuat argumentasinya, Mahfud mengutip ayat tentang sabar di Surah Al-Baqarah Ayat 249.

"Sekelompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar," kata Mahfud MD dalam acara bertema 'Momentum 1 Muharram sebagai Booster Optimisme dan Harapan Menurut Pandangan Islam' ini.(Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyerukan hal penting jelang tahun baru Islam 1443 H.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close