Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahyudin Ingatkan Dampak dari Kemajuan Teknologi

Senin, 29 Oktober 2018 – 18:07 WIB
Mahyudin Ingatkan Dampak dari Kemajuan Teknologi - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin di hadapan anggota Majelis Ta'lim Husnul Khotimasaat saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar di Kota Bontang, Kalimantan Timur, Senin (29/10/2018). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BONTANG - Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan pada zaman dulu bila orang mau naik haji ia harus naik kapal laut. Perjalanan ke Mekkah memerlukan waktu 40 hari.

“Lama perjalanan pulang pergi dan saat melakukan ibadah membuat para zamaah saat di antar oleh keluarga diiringi dengan tangisan,” ujar Mahyudin di hadapan anggota Majelis Ta'lim Husnul Khotimasaat saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar di Kota Bontang, Kalimantan Timur, Senin (29/10/2018.

“Karena mereka akan berpisah dalam waktu yang lama,” kata Mahyudin.

Adanya kemajuan teknologi dengan terciptanya pesawat terbang membuat jarak tempuh antara Indonesia dan Arab Saudi bisa ditempuh dengan singkat. Apalagi ditambah dengan sistem ibadah haji khusus yang menjadikan ibadah ini lebih singkat tak lebih dari dua minggu.

Ringkasnya perjalanan disebut oleh Mahyudin sebagai dampak positif dari kemajuan teknologi. Dicontohkan lagi, dengan adanya alat komunikasi, telepon, membuat jarak menjadi bukan halangan. Sekarang siapa saja bisa berkomunikasi dengan yang lain di mana pun tempatnya dengan cepat. “Dulu yang bisa berkomunikasi jarak jauh hanya wali saja,” ungkapnya.

Meski ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak positif dan kemajuan namun dari penggunaan teknologi ini juga mempunyai dampak negatif. Diungkapkan dalam survei di sebuah daerah terbukti 40 persen angka perceraian diakibatkan dari media sosial.

“Media sosial memunculkan hubungan yang lain,” paparnya.

Mahyudin Ingatkan Dampak dari Kemajuan Teknologi

Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan pada zaman dulu bila orang mau naik haji ia harus naik kapal laut. Perjalanan ke Mekkah memerlukan waktu 40 hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   MPR RI 
BERITA LAINNYA