Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Majelis Sinergi Kalam ICMI Siap Hijrah 

Senin, 01 November 2021 – 22:48 WIB
Majelis Sinergi Kalam ICMI Siap Hijrah  - JPNN.COM
Ketum Masika ICMI Ismail Rumadan saat dilantik Ketum ICMI Prof Jimly Asshiddiqie. Foto dokumentasi Masika ICMI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Masika ICMI) Ismail Rumadan menyatakan siap hijrah dari segala aktivitas manual ke teknologi informasi.

Ismail menyebut perubahan cepat terjadi di masyarakat, baik perkembangan interaksi sosial masyarakat hingga gaya komunikasi.

"Ini tentunya harus disikapi Masika ICMI secara bijak," kata Ismail Rumadan di Jakarta, Senin (1/11).

Menurut Ismail, sadar atau tidak, dalam era disrupsi digital saat ini antara yang hak dan batil saling bertaruh serta kejar-mengejar. Kecepatan pergerakan batil bahkan terkadang lebih cepat dari yang hak.

Dalam era digital saat ini, kata Ismail, kebatilan bahkan dikemas sedemikian rupa sehingga masyarakat tidak sadar dan tidak bisa membedakan mana informasi yang baik, mana yang sesat dan menyesatkan.

Ismail menegaskan sebagai cendekiawan muslim, Masika ICMI harus bisa mengemas informasi sedemikian rupa agar tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan amar makruf nahi mungkar bisa dilaksanakan dengan baik serta mampu dicerna masyarakat.

“Hal positif yang paling mendasar di balik pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi di era disrupsi digital adalah manusia sesungguhnya menemukan jati dirinya sebagai hamba di muka bumi ini,” tuturnya.

Sebab, lanjut Ismail, sebagian besar aktivitas manusia yang terkadang menghambat ibadahnya telah diambil alih perannya oleh teknologi sehingga manusia tidak lagi beralasan sibuk melakukan berbagai aktivitas sampai melupakan Tuhannya.

Majelis Sinergi Kalam ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Masika ICMI) siap hijrah dalam menjalankan misi dakwahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close