Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Makam Gus Dur di Atas Kepala Pendiri NU

Jumat, 01 Januari 2010 – 00:41 WIB
Makam Gus Dur di Atas Kepala Pendiri NU - JPNN.COM
JOMBANG - Almarhum K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) telah dimakamkan di Maqarabah Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Kamis (31/12). Pemakaman mantan ketua umum PB NU tiga periode itu dilaksanakan dengan upacara kenegaraan yang dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

   

Pemakaman keluarga itu berada di dalam kompleks Ponpes Tebuireng. Tepatnya di belakang Wisma Hadji Kalla, gedung yang diresmikan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Oktober 2007.  Makam mantan ketua dewan syura DPP PKB itu berada di sebelah utara makam K.H. Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama dan pendiri Ponpes Tebuireng yang tak lain adalah kakek Gus Dur. Bergandengan dengan makam K.H. Hasyim Asy'ari adalah makam Nyai Nafidoh, istri K.H. Hasyim Asy'ari.

   

Di tempat tersebut juga dimakamkan ayah Gus Dur, K.H. Wahid Hasyim, menteri agama pertama. Juga ada makam K.H. Yusuf Hasyim, mantan pengasuh Ponpes Tebuireng yang meninggal setahun lalu. Makam Gus Dur juga diteduhi oleh tiga pohon palem yang berdiri di sekitar liang lahat.

   

"Pertimbangannya tempatnya lapang, jadi biar memudahkan upacara," kata Pengasuh Ponpes Tebuireng Salahuddin Wahid. Selama ini, posisi di sebelah utara makam K.H. Hasyim Asy'ari dihindari.

JOMBANG - Almarhum K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) telah dimakamkan di Maqarabah Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Kamis (31/12). Pemakaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close