Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Makan Oatmeal Bisa Mengobati Penyakit Kanker?

Rabu, 02 Juni 2021 – 00:13 WIB
Makan Oatmeal Bisa Mengobati Penyakit Kanker? - JPNN.COM
Oatmeal. Foto: Medical News Today

jpnn.com - Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh dan kaya akan serat larut. Mengonsumsi oatmeal dikenal baik untuk kesehatan jantung dan usus besar.

Selain baik untuk menunjang kesehatan tubuh, oatmeal disebut-sebut bisa mengobati penyakit kanker. Benarkah hal tersebut?

Melansir dari Livestrong, Wasif M. Saif, MD, wakil kepala dan direktur onkologi dari Northwell Health Cancer Institute di New York, Amerika Serikat mengatakan, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa oatmeal bisa menyembuhkan atau mengobati kanker.

Dokter Reza Fahlevi juga berpendapat sama. Dia mengatakan, secara general, fungsi oatmeal sendiri adalah mencegah penyakit, termasuk kanker.

Karena oatmeal mengandung serat yang baik untuk mencegah kanker usus besar.

“Lalu, ada juga kandungan antioksidan yang secara umum bisa mencegah kanker. Namun, kalau dikatakan untuk pengobatan maka ini belum tentu benar, karena tidak ada bukti ilmiahnya,” jelasnya.

Kendati begitu, dr. Reza Fahlevi mengatakan oatmeal bisa dijadikan terapi suportif.

Artinya, pengobatan kanker tetap dilakukan dengan metode terapi radiasi, kemoterapi, atau pembedahan. Lalu, dilanjutkan dengan pola hidup sehat seperti makan oatmeal.

Selain baik untuk menunjang kesehatan tubuh, oatmeal disebut-sebut bisa mengobati penyakit kanker. Benarkah hal tersebut?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close