Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mandi Air Masin, Ritual Lawas Orang Laut

Rabu, 25 April 2018 – 20:50 WIB
Mandi Air Masin, Ritual Lawas Orang Laut - JPNN.COM
Ujung Tanjung, Tanjung Jabung Timur, Jambi terlihat dari Laut Cina Selatan. Foto: Wenri Wanhar/JPNN

jpnn.com - Di Pantai Timur Sumatera, bila tak mengindahkan leluhur, alias lupa sejarah berakibat fatal. Kena penyakit menahun. Kurus. Jalan merangkak seperti buaya. Tak mempan ditolak resep dokter. Penawarnya tiada lain; Mandi Air Masin.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network  

Ritual Mandi Air Masin budaya lama yang hidup di kalangan rakyat Melayu Timur. Antara lain daerah Nipah Panjang, Muara Sabak, Kampung Laut dan Mendahara di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Diyakini berkhasiat menyembuhkan penyakit yang sudah menahun. Atau penyakit yang tidak sembuh-sembuh meski penderitanya kenyang berobat ke dokter.

“Si sakit dimandikan di daerah Ujung Tanjung, bibir pantai Tanjung Jabung Timur,” tulis buku Upacara Tradisional, terbitan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jambi.

Sayangnya, buku tipis itu tidak mencantumkan nama penulis, pun tahun terbit. Hanya keadaannya yang kusam dimakan usia menunjukkan bahwa ia buku lama. Narasumbernya Haji Kaharudin, Ketua Adat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Rentetan upacara Mandi Air Masin, sebagaimana diurutkan oleh tetua adat, mulanya pihak keluarga si sakit memanggil dukun.

Si sakit dibaringkan di hadapan dukun untuk diperiksa. Pihak keluarga menyediakan beberapa bahan kelengkapan ritual yang diminta dukun.

Ritual laut di Pantai Timur Sumatera ini untuk orang yang lupa sejarah. Kini, ritual itu pun nyaris tinggal sejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close