Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah untuk Ikut Menjaga Ketahanan Pangan

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 04:00 WIB
Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah untuk Ikut Menjaga Ketahanan Pangan - JPNN.COM
Ngobrol Asyik (Ngobras) yang diinisiasi BPPSDMP dengan teman "Manfaatkan Pekarangan Rumah, Yukk". Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pemanfaatan lahan pekarangan baik di daerah pedesaan maupun perkotaan dapat mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi yang dimiliki masing-masing daerah.

Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan dan dikelola melalui pendekatan terpadu untuk ditanami berbagai jenis tanaman sayuran, tanaman hias, ternak dan ikan, buah, serta obat-obatan.

Untuk itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak masayarakat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian produktif skala ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dapur.

Menurut Mentan, pertanian merupakan sumber rezeki yang bisa dilakukan siapa dan di mana saja.

Sektor pertanian adalah bisnis sekaligus lapangan kerja yang sangat menjanjikan.

"Pertanian itu ada yang tanamnya 20 hari, satu bulan, tiga bulan, dan ada juga yang bisa kita panen setiap hari. Bahkan, pertanian di pekarangan rumah ini bisa menghasilkan 40 juta dalam sebulan," ujar Mentan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi memberikan motivasi kepada para penyuluh untuk mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan.

"Banyak hal yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan lahan pekarangan, salah satunya melalui budi daya sayuran," ungkap Dedi.

Lahan pekarangan rumah bisa dimanfaatkan ditanami berbagai jenis tanaman sayuran untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close