Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap, Program CSR Pertamina Hulu Mahakam Sukses Hasilkan Panen Raya Padi Organik di Kukar

Rabu, 06 Maret 2024 – 16:53 WIB
Mantap, Program CSR Pertamina Hulu Mahakam Sukses Hasilkan Panen Raya Padi Organik di Kukar - JPNN.COM
Panen raya padi organik yang dikembangkan dari program CSR Pertamina Hulu Mahakam berkolaborasi dengan Kelompok Gapoktan Maju Bersama dan Poltani Samarinda di Desa Kutai Lama, Anggana, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Kamis (22/2). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Regional Kalimantan subholding upstream Pertamina melakukan panen raya perdana pertanian organik melalui Program Pernik Mahakam.

Pelaksanaan panen raya berlangsung di lokasi demplot di Desa Kutai Lama, Anggana, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Kamis (22/2).

Pernik Mahakam sendiri merupakan sebuah program CSR PHM dalam pengembangan pertanian organik hasil kolaborasi dengan Kelompok Gapoktan Maju Bersama dan Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda.

Head of Communication Relations & CID PHM Frans Alexander A. Hukom mengungkapkan Pernik Mahakam merupakan salah satu program CSR perusahaan di bidang ekonomi dan menjadi kontribusi PHM dalam pemberdayaan kelompok petani di sekitar wilayah operasi Perusahaan.

”Dalam program ini, PHM mendorong pengembangan metode pertanian organik secara bertahap melalui pelatihan pertanian organik bagi petani, pelatihan pemanfaatan teknologi smart farming, pengenalan produk beras organik, dan peningkatan Indeks Pertanaman, atau IP, dari semula IP 200 menjadi IP 300," kata Frans dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu (6/3).

Berdasarkan pengambilan sampel oleh Balai Penyuluh Pertanian Anggana, hasil panen raya perdana Program Pernik Mahakam diperkirakan 5,7 ton per hektare.

Jenis padi yang ditanam adalah varietas Padi Merah, Inbrida C2, dan Mayas.

“Program Pernik Mahakam diinisiasi pada 2022 dengan memberdayakan 80 petani yang berasal dari empat kelompok tani," terang Frans.

Program CSR Pertamina Hulu Mahakam berkolaborasi dengan Kelompok Gapoktan Maju Bersama dan Poltani Samarinda sukses hasilkan panen raya padi organik di Kukar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close