Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap! Tiga Kementerian & Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

Rabu, 27 Maret 2024 – 22:34 WIB
Mantap! Tiga Kementerian & Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan - JPNN.COM
Acara peluncuran sekaligus sosialisasi mekanisme pembayaran single billing melalui Mandiri Virtual Account untuk layanan kapal internasional di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Banten, dan Pelabuhan Panjang Lampung yang berlangsung di Ballroom JS Luwansa Hotel, Jakarta, Selasa (26/3). Foto: Dokumentasi Bank Mandiri

jpnn.com, JAKARTA - Rencana Aksi Pemangkasan Birokrasi dan Peningkatan Layanan di Kawasan Pelabuhan (Aksi Pelabuhan) sebagai bagian dari Aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) terus berlanjut.

Tiga kementerian yang terdiri dari Lembaga National Single Window (LNSW) – Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut – Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) – Kementerian Kesehatan berkolaborasi bersama Bank Mandiri mendesain dan mengimplementasikan single billing di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Banten, dan Pelabuhan Panjang Lampung.

Inisiatif yang masuk dalam Aksi Pelabuhan Jilid II ini bakal menyatukan transaksi-transaksi yang selama ini terpisah antarotoritas di pelabuhan.

Sebelumnya, inisiatif ini telah melalui proses piloting alias uji coba di 14 pelabuhan pada periode 2022 hingga 2023.

Penerapan single billing menjadikan transaksi hanya perlu dilakukan satu kali melalui Mandiri Virtual Account yang berbasis digital.

Hal ini pun menjadikan transaksi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Direktur Efisiensi Proses Bisnis LNSW Kemenkeu YFR Hermiyana menyampaikan aksi Pelabuhan Jilid II menitikberatkan pada logistik pelabuhan, pembenahan regulasi, perluasan implementasi National Logistic Ecosystem (NLE), dan pembenahan sistem layanan.

Dia pun menegaskan pihaknya akan senantiasa mendukung inisiatif kolaboratif dengan pihak-pihak yang dapat meningkatkan efisiensi layanan publik.

Kini transaksi di pelabuhan makin mudah setelah tiga kementerian dan Bank Mandiri meluncurkan single billing jasa kepelabuhanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close