Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap! Total Nilai 'Merdeka Ekspor' Pertanian Mencapai Rp 7 Triliun

Minggu, 15 Agustus 2021 – 15:50 WIB
Mantap! Total Nilai 'Merdeka Ekspor' Pertanian Mencapai Rp 7 Triliun - JPNN.COM
Ilustrasi - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan 'Merdeka Ekspor' yang dilepas Presiden Joko Widodo pada Sabtu (14/8) kemarin merupakan ekspose kinerja Kementerian Pertanian selama dua tahun.

SYL juga menyebut ekspor kali ini sebuah kebanggaan, karena dapat dilakukan di tengah masa pandemi, sekaligus di masa memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia.

Nilai ekspor yang dilepas presiden bernilai total Rp 7 triliun. Ekspor dilakukan lewat 17 bandara dan pelabuhan utama selama tujuh hari.

Karena itu, tidak heran 'Merdeka Ekspor' menghadirkan optimisme baru bagi para petani dan pelaku usaha pertanian.

"Perayaan kemerdekaan adalah perayaan sebuah kebanggaan anak bangsa. Kebetulan kita yang menjalankan amanah sebagai gubernur, bupati dan ini adalah keterpanggilan di tengah suasana dunia, nasional yang tengah menghadapi sebuah turbulensi yang luar biasa, yaitu COVID-19," ujar SYL.

Menurut SYL, 'Merdeka Ekspor' bukan seperti ekspor yang biasa dilakukan sebagai rutinitas.

"Ekspor yang dilakukan kali ini adalah ekspor yang akan menyentuh harkat dan martabat sebagai anak bangsa. Menyoal psikologi nasionalisme, sekaligus menjadi bagian untuk menghadirkan optimisme bangsa besar Indonesia di dalam menghadapi turbulensi dunia," ucapnya.

Berdasarkan data BPS, nilai ekspor pertanian pada 2020 mencapai Rp 451,8 triliun atau meningkat 15,54 persen dibanding periode yang sama di 2019 yang hanya mencapai Rp 390,16 triliun.

Total nilai 'Merdeka Ekspor' hasil pertanian yang dilepas Presiden Jokowi mencapai Rp 7 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close