Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho...

Senin, 01 Mei 2017 – 15:15 WIB
Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho... - JPNN.COM
Mbah Gotho. Foto: rexfeatures-thesun

jpnn.com, SRAGEN - Selepas magrib Minggu (30/4) kemarin, kediaman Suparman Sodimejo di Dukuh Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, ramai dikunjungi tetangga. Suparman telah meninggal dunia.

Pria yang lebih dikenal dengan panggilan Mbah Gotho itu meninggal dalam usia 146. Ya, Mbah Gotho adalah manusia tertua di dunia. Mbah Gotho meninggal sekitar pukul 17.30 dan akan dimakamkan hari ini.

”Benar beliau (Mbah Gotho,Red) meninggal karena memang usia lanjut. Meninggal di rumahnya, ditemani cucu-cucunya. Rapat pihak keluarga akan dimakamkan besok (hari ini, Red),” ujar Camat Sambungmacan Joko Suratno kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sebelumnya, Mbah Gotho sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soehadi Prijonegoro Sragen karena tidak mau makan. Setelah beberapa hari dirawat di ruang Wijaya Kusuma nomor 10, kondisi Mbah Gotho membaik dan diperbolehkan pulang. Namun, ternyata Tuhan berkehendak lain.

Sebelumnya, hasil pemeriksaan medis, kadar hemoglobin Mbah Gotho turun. Oleh dokter yang merawatnya Lulus, Mbah Gotho diberikan transfusi darah sebanyak dua kantong. “Untuk meningkatkan kadar hemoglobin,” jelas Lulus.

Suryono, cucu Mbah Goto menuturkan, kakeknya tidak banyak mengeluh sakit selain hanya merasa lemas. “Sudah kami minta untuk tidak merokok,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen Wahyu Lwiyanto belum bisa memastikan validitas usia Mbah Gotho. Dispendukcapil tidak menemukan dokumen pendukung data kependudukan yang mencatat kelahiran Mbah Gotho.

Sedangkan KTP yang dikeluarkan hanya berpegangan pada pengakuan Mbah Gotho sendiri. Petugas dispendukcapil Sragen juga kesulitan memasukkan input data kependudukan Mbah Gotho karena sistem pencatatan tahun kelahiran yang terlama di Sragen hanya sampai 1900.

Selepas magrib Minggu (30/4) kemarin, kediaman Suparman Sodimejo di Dukuh Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close