Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selamat Ulang Tahun ke-146, Mbah Gotho

Minggu, 01 Januari 2017 – 11:44 WIB
Selamat Ulang Tahun ke-146, Mbah Gotho - JPNN.COM
Mbah Gotho. Foto: rexfeatures-thesun

jpnn.com - JPNN.com - Saparman Sodimejo, atau nan lebih akrab disapa Mbah Gotho itu merayakan hari ulang tahunnya yang ke-146, Sabtu (31/12) kemarin.

Keluarga besarnya menggelar peringatan sederhana dengan kue dan lilin, tentunya dengan angka 146.

Pria asal Sragen Jawa Tengah ini disebut sebagai manusia tertua di dunia. Mbah Gotho lebih tua 19 tahun dibanding Jeanna Calment (Prancis) yang meninggal pada tahun 1997.

Mbah Gotho sejatinya tak ingat kapan tepatnya dia lahir. Menurut dokumen yang diakui pemerintah Indonesia, Mbah Gotho lahir di malam Tahun Baru 1870.

Pada bulan Mei 2010, sensus pernah mencatat dia berusia 142. Namun keluarganya bersikeras Mbah Gotho kini berusia 146 tahun.

Suryanto, cucu Mbah Gotho mengatakan, kakeknya ini sudah mempersiapkan kematiannya sejak berusia 122 tahun. Namun takdir tersebut belum datang.

"Batu nisan sudah dibuat pada 1992, 24 tahun yang lalu. Keluarga sudah menyiapkan kuburan untuk beliau, di dekat anak-anaknya," kata Suryanto seperti dilansir The Sun.

Mbah Gotho telah hidup lebih lama dari sepuluh saudara, dan empat istrinya. Yang terakhir meninggal sekitar tahun 1988.

JPNN.com - Saparman Sodimejo, atau nan lebih akrab disapa Mbah Gotho itu merayakan hari ulang tahunnya yang ke-146, Sabtu (31/12) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close