Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ma'ruf Amin Silaturahmi ke Pondok Pesantren Gontor

Selasa, 22 Januari 2019 – 16:54 WIB
Ma'ruf Amin Silaturahmi ke Pondok Pesantren Gontor - JPNN.COM
Calon Wakil Presiden nomor urut satu KH Ma'ruf Amin bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo, Selasa (22/1). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, PONOROGO - Calon Wakil Presiden nomor urut satu KH Ma'ruf Amin bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo, Selasa (22/1).

Dalam kunjungannya itu, Ma'ruf diterima langsung oleh pimpinan Gontor antara lain KH Hasan Abdullah Sahal, KH Syamsul Hadi Abdan dan KH Amal Fathullah Zarkasyi.

Tak ada pembicaraan serius apalagi terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Mereka hanya fokus bicara tentang perkembangan pondok pesantren dan santri. Pembicaraan yang ringan dan sesekali sambil bercanda.

Pimpinan Gontor KH Hasan menceritakan, sekarang banyak alumni Gontor yang membuka pondok. Hasan melihat lulusan dari pesantrennya banyak yang ingin menjadi pengajar.

"Banyak santri alumni Gontor yang tertarik merintis sendiri mengajar dan membuka pondok. Alhamdulillah," kata Hasan.

Menurutnya, negara harus bersyukur dengan keberadaan ponpes. Dia menilai, mereka yang lulus pesantren zaman sekarang, hidupnya lebih terarah.

"Sekarang ada pondok pesantren modern, ada salafiah, saling melengkapi," ujarnya.

Sementara Ma'ruf menambahkan, rencana pengesahan Undang-Undang-undang Pesantren akan semakin memperkuat lembaga ponpes. Selama ini, lambatnya ponpes untuk maju karena masih bernaung di luar sistem.

Ma'ruf Amin mengatakan rencana pengesahan Undang-Undang-undang Pesantren akan semakin memperkuat lembaga ponpes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close