Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maruli Simanjuntak Resmi Jabat KSAD, Kini Berpangkat Jenderal

Rabu, 29 November 2023 – 15:00 WIB
Maruli Simanjuntak Resmi Jabat KSAD, Kini Berpangkat Jenderal - JPNN.COM
Presiden RI Joko Widodo menyematkan tanda kepangkatan kepada Maruli Simanjuntak usai dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dengan pangkat Jenderal TNI di Istana Negara Jakarta, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)

jpnn.com - JAKARTA - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang telah dilantik menjadi Panglima TNI.

Maruli pun mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letjen TNI ke Jenderal TNI. Adapun Presiden Jokowi melantik Maruli Simanjuntak sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11) siang. Pelantikan itu dilakukan sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Dipandu Presiden Jokowi, Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan.

Hadir menyaksikan agenda pelantikan jajaran Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Maruli Simanjuntak lahir 27 Februari 1970, dan menjabat sebagai KSAD terhitung sejak 29 November 2023 menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang telah dilantik sebagai Panglima TNI.

Dia merupakan alumnus Akademi Militer 1992  berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli Simanjuntak resmi menjabat KSAD. Dia juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari Letjen TNI menjadi Jenderal TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close