Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masa SOHE-Aparat Bentrok

2 Polisi Luka, 3 Demonstran Ditahan

Rabu, 10 September 2008 – 12:15 WIB
Masa SOHE-Aparat Bentrok - JPNN.COM
PALEMBANG – Rencana pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilukada gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2013, kemarin (9/9), batal dilakukan. Ribuan pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Syahrial Oesman-Helmy Yahya (Sohe) dari PDI Perjuangan, PKS, PPP, dan belasan partai kecil lainnya, sejak pukul 08.00 WIB mengepung kantor KPU Sumsel di Jakabaring. Tuntutan yang disampaikan sama dengan ketika demo sehari sebelumnya, tanggal 8 September 2008.

Harian Sumatera Ekspres (JPNN) melaporkan, massa Sohe minta Pemilukada ulang di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Mereka menduga di daerah basis pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf (Aldy), calon Partai Golkar, PBB, PAN, PBR, PNBK, dan Partai Demokrat itu, terjadi penggelembungan suara serta indikasi kecurangan lainnya.Massa juga menuntut agar KPU Sumsel tetap melakukan rakapitulasi penetapan hasil pilgub sesuai jadwal semula, tanggal 14 September. Bukan dimajukan 9–12 September.Meski tak satu pun anggota KPU Sumsel berada di kantornya, aparat kepolisian terlihat berjaga-jaga. Bahkan, jalan menuju kantor KPU diblokir untuk menghindari masuknya massa susulan dari luar.

Langkah lain, aparat menyiagakan sekitar 10 petugas dari Poltabes Palembang dan Polda Sumsel dengan persenjataan lengkap. Juga ada dua pleton anggota TNI. Sedangkan di dalam kantor KPU Sumsel polisi juga memerika setiap orang yang masuk dengan menggunakan metal detector.

Di sela-sela aksi, petugas kepolisian terlihat berusaha memindahkan satu buah mobil Toyota Vios dengan nomor polisi BG 207 KK yang terparkir di halaman depan dekat pagar KPU Sumsel. Informasinya, mobil tersebut sudah berada di KPU sejak dua hari yang lalu. Polisi saat ini masih mencari tahu siapa pemiliknya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, para pendukung Sohe mulai memaksa masuk kantor KPU Sumsel. Akibat tak diizinkan, mereka merusak pagar KPU Sumsel. Sempat terjadi bentrok antara pendemo dan polisi yang berjaga-jaga.

PALEMBANG – Rencana pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilukada gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2013, kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA