Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masih dalam Rahim, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon Pajak, Kok Bisa?

Rabu, 03 Maret 2021 – 13:37 WIB
Masih dalam Rahim, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon Pajak, Kok Bisa? - JPNN.COM
Daihatsu Rocky. Foto: dok ADM

jpnn.com, JAKARTA - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sejatinya belum dirilis dan diproduksi di Indonesia, ternyata sudah bisa masuk dalam daftar 21 mobil yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Daftar itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang kendaraan yang PPnBM-nya ditanggung pemerintah pada 2021.

Aturan itu terintegrasi dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20 Tahun 2021 tentang hal serupa yang menjadi landasan hukum diberlakukannya relaksasi PPnBM.

Skema insentif PPnBM sendiri dilakukan secara berrahap. Untuk tiga bulan periode pertama Maret-Mei 2021, penghapusan pajak PPnBM sebesar 100 persen.

Selanjutnya, untuk periode Juni-Agustus 2021, PPnBM akan diberikan potongan sebesar 50 persen.

Terakhir, periode September-November 2021, pemerintah hanya memberikan potongan PPnBM sebesar 25 persen saja.

Terkait kebijakan tersebut, pemerintah memberikan beberapa syarat yakni hanya berlaku untuk mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin 1.500cc ke bawah.

Syarat lainnya, jenis mobil yang masuk kriteria harus diproduksi di dalam negeri dengan pembelian komponen lokal (local purchase) minimal 70 persen.

Masih dalam rahim, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ternyata sudah bisa masuk dalam daftar 21 mobil penerima pembebasan pajak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close