Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maskapai Baru Minimal Punya 10 Pesawat

Syarat Pendirian Maskapai Pada 2012

Kamis, 02 April 2009 – 14:31 WIB
Maskapai Baru Minimal Punya 10 Pesawat - JPNN.COM
JAKARTA – Persyaratan untuk mendirikan perusahaaan penerbangan di Indonesia makin sulit.  Sebab, Departemen Perhubungan (Dephub) mensyaratkan maskapai tersebut harus mengoperasikan minimal 10 pesawat pada 2012 nanti. 

“Kita perkirakan jumlah maskapai akan berkurang pada 2012, menyusul pemberlakuan UU No. 1/2009 tentang penerbangan, ” ujar Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Dephub Tri S. Sunoko di gedung Dephub Rabu (01/04).

Sesuai UU No. 1/2009, maskapai diwajibkan mengoperasikan minimal 10 unit pesawat dengan lima yang wajib dimiliki. Sampai saat ini, maskapai berjadwal yang mengoperasikan pesawat di bawah 10 unit adalah Linus Airways, Express Air, Kartika Airlines dan Indonesia Air Transport Tbk. Maskapai penerbangan berjadwal di Indonesia sendiri jumlahnya 15 perusahaan yang menerbangi 169 rute dan kota terhubung sebanyak 83 kota.

Dengan adanya aturan itu, lanjut Tri, maskapai yang mengoperasikan pesawat di bawah 10 unit harus merger dengan maskapai lain. Selain itu, maskapai berjadwal yang mengoperasikan pesawat hanya lima unit akan ditawari menjadi maskapai carter. “Bila tidak mampu memenuhi 10 unit pesawat, maka akan kami tawari beralih menjadi maskapai carter,” tuturnya.

JAKARTA – Persyaratan untuk mendirikan perusahaaan penerbangan di Indonesia makin sulit.  Sebab, Departemen Perhubungan (Dephub) mensyaratkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close