Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Massa Mengamuk di Papua, Pejabat Daerah Diburu, 3 Polisi Luka, 6 Sipil Ditembak Senjata Anggota

Sabtu, 28 Mei 2022 – 10:51 WIB
Massa Mengamuk di Papua, Pejabat Daerah Diburu, 3 Polisi Luka, 6 Sipil Ditembak Senjata Anggota - JPNN.COM
Sekda Sarmi Elias Bakay jadi korban anarkistis pedemo yang melakukan pemalangan menuntut ganti rugi Jembatan Tor Atas, Jumat (27/5). ANTARA/HO/Dokumen pribadi

jpnn.com, PAPUA - Aksi unjuk rasa sekelompok warga di Jembatan Tor Atas, Sarmi, Papua, memakan korban luka tembak dari pihak masyarakat sipil.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan pihaknya terpaksa mengambil tindakan tegas untuk menanggulangi kelompok anarkistis. Akibatnya, enam warga mengalami luka tembak.

Dari laporan yang diterima Kapolda, pedemo yang bertindak anarkistis itu awalnya menyerang Sekretaris Daerah (Sekda) Sarmi Elias Bakay hingga yang bersangkutan terluka di bagian kepala.

"Akibat aksi anarkistis itu, petugas melepaskan tembakan peringatan kepada pedemo yang menuntut ganti rugi pembayaran hak ulayat Jembatan Tor Atas. Mereka terus menyerang dengan menggunakan senjata tajam dan senjata tradisional, seperti panah, yang menyebabkan tiga anggota terluka," jelas Irjen Fakhiri, Jumat (27/5) malam.

Dia menjelaskan enam orang pedemo yang mengalami luka tembak ialah Rio Weiraso, Tandius Saroni, Izak Anabe, Leo Weraso, Dedeus Sarone, dan Esra Mamawiso.

Insiden yang terjadi Jumat (27/5) sore sekitar pukul 17.00 WIT itu berawal saat anggota Polres Sarmi berupaya membubarkan aksi pemalangan jembatan yang dilakukan sekitar seratus warga masyarakat gabungan dari Tor Atas, Apawer, serta Mafen Tor, yang menuntut pembayaran hak ulayat jembatan.

Pemalangan yang dilakukan sejak pukul 15.00 WIT itu menyebabkan lalu lintas dari dan ke Sarmi tidak bisa dilintasi.

Sekitar pukul 17.00 WIT, Sekda Sarmi Elias Bakay bersama personel Polres Sarmi yang dipimpin Kabag Ops AKP Josua Abba mendatangi TKP serta mengadakan pertemuan dengan massa yang melakukan pemalangan.

Aparat kepolisian terpaksa mengambil tindakan tegas untuk menghadapi massa anarkistis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close