Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masuk ke Rumah Hantu Bikin Suasana Hati Lebih Baik, Benar Enggak Sih?

Jumat, 25 Januari 2019 – 19:58 WIB
Masuk ke Rumah Hantu Bikin Suasana Hati Lebih Baik, Benar Enggak Sih? - JPNN.COM
Rumah Hantu. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - Film seram, rumah hantu dan aktivitas menyeramkan lainnya membuat sebagian orang berlari, sementara yang lain justru menyukainya. Bahkan beberapa orang merasa suasana hati lebih baik. Pertanyaannya, apa yang sebenarnya terjadi di otak orang-orang yang tidak takut akan hal ini?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion, setelah mengalami pengalaman yang menakutkan, para peneliti menemukan bahwa orang-orang ini berada dalam suasana hati yang lebih baik dan mengalami penurunan aktivitas otak secara keseluruhan.

"Kami pikir itu sangat mirip, setidaknya pada tingkat fisiologis dan neurologis, seperti pengalaman pelari, di mana Anda benar-benar mendorong diri sendiri dan sistem saraf simpatik Anda berada dalam mode go," kata rekan penulis studi, Margee Kerr, seorang sosiolog di University of Pittsburgh yang mempelajari ketakutan, seperti dilansir laman MSN, Kamis (17/1).

BACA JUGA: Ahmad Dhani Sebut Kediamannya Kayak Rumah Hantu

"Hal ini kemudian memprioritaskan kembali energi dan fokus ke dalam tubuh Anda," jelas Kerr.

Untuk penelitian ini, Kerr dan rekan-rekannya langsung menuju ke sumber yang menakutkan, yakni ScareHouse, rumah hantu "ekstrim" di Pittsburgh.

Kerr telah berkonsultasi dengan perusahaan rumah hantu tentang desainnya dan menggunakan penelitiannya untuk memaksimalkan pengalamannya ini.

Para peneliti merekrut orang-orang yang telah membeli tiket ScareHouse, yang memungkinkan mereka untuk mempelajari orang-orang yang secara sukarela mau melakukan aktivitas yang menakutkan untuk alasan sosial atau rekreasi.

Rumah hantu dan aktivitas menyeramkan lainnya membuat sebagian orang berlari, sementara yang lain justru menyukainya. Bahkan beberapa orang merasa suasana hati lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close