Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Sumut Terima Edukasi Jenis Najis dan Cara Menyucikannya

Rabu, 14 Juni 2023 – 01:03 WIB
Masyarakat Sumut Terima Edukasi Jenis Najis dan Cara Menyucikannya - JPNN.COM
Sukarelawan Ustaz Sahabat Ganjar (Usbat) memberikan edukasi ke masyarakat tentang macam-macam najis dan cara mensucikannya. Foto: Usbat

jpnn.com, DELI SERDANG - Sukarelawan Ustaz Sahabat Ganjar (Usbat) memberikan edukasi ke masyarakat tentang macam-macam najis dan cara mensucikannya.

Korda Usbat Ganjar Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ahmad Thalhah mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep najis dalam Islam, serta tata cara mensucikannya dengan benar.

"Kegiatan ini intuk mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya Ibu-ibu tentang  jenis najis dan cara mensucikannya," kata Ahmad seusai kegiatan di Desa Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumut, Selasa (13/6).

Ahmad menuturkan dalam Islam najis terbagi menjadi beberapa tingkatan. Mulai dari najis golongan berat, sedang, sampai ringan.

Ahmad menjelaskan najis ringan berupa air kencing bayi laki-laki yang belum berusia dua tahun, serta belum makan sesuatu kecuali air susu ibunya.

Najis ini dapat disucikan dengan memercikkan air pada tempat atau benda yang terkena najis tersebut.

Sementara najis sedang, contohnya bangkai. Cara mencucinya sampai warna, bau, dan rasanya hilang. Kemudian disiram dengan air yang suci.

Sedangkan najis yang berat itu bersumber dari anjing dan babi. Cara membersihkannya dengan membasuhnya menggunakan air sebanyak tujuh kali dan salah satunya dicampur dengan debu. Sebelum dibasuh dengan air, wujud najis sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Korda Usbat Ganjar Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumut Ahmad Thalhah menuturkan dalam Islam najis terbagi menjadi beberapa tingkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close