Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Matangkan Rencana Pembatasan BBM

Kamis, 23 September 2010 – 18:15 WIB
Matangkan Rencana Pembatasan BBM - JPNN.COM
JAKARTA -- Meski banyak menuai protes, pemerintah sepertinya tetap akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) pada tahun depan. Kenaikan TDL dikatakan Menteri perekonomian Hatta Rajasa, sudah dilakukan kajian secara mendalam oleh pemerintah. Termasuk berapa anggaran negara yang bisa dihemat seiring dengan kenaikan TDL

‘’Saya sudah sering komentar soal itu. Sudah ada kajian dari UI dengan Migas, sudah ada itung-itungnya semua,’’ kata Hatta pada wartawan, Kamis (23/9) di Jakarta. Hatta mengaku tidak ingat berapa nilai rupiah penghematan yang dimaksudnya. Bukan hanya kenaikan TDL, pemerintah kata Hatta juga sudah mempelajari secara mendalam dampak pembatasan BBM subsidi bagi penghematan anggaran negara.

‘’Mudah saja menghitungnya, kalau kendaraan umum yang dibatasi (tahun 2005), itu bisa hemat 850 ribu KL. Itu baru asumsi saja, nanti kalau semua kendaraan bisa berapa juta kiloliter lagi dihemat subsidinya. Tapi yang komentar soal itu jangan sayalah ya, nanti tanya sama ESDM,’’ kata Hatta.

Sebagaimana diketahui, pemerintah tetap berencana akan menaikkan TDL. Dari usulan semula 15 persen menjadi naik 5,4 persen. Dalam RAPBN 2011, subsidi untuk energi listrik ditetapkan sebesar Rp41 triliun. Terdiri dari subsidi berjalan Rp36,4 triliun, kekurangan subsidi di tahun 2009 sekitar Rp6,6 triliun. Dengan asumsi TDL naik 15 persen per 1 Januari 2011, PLN akan menambah pendapatan sebesar Rp12,7 triliun.(afz/jpnn)

JAKARTA -- Meski banyak menuai protes, pemerintah sepertinya tetap akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) pada tahun depan. Kenaikan TDL dikatakan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close