Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mau Mudik Lebaran? Simak Tips Penting Dokter Andreas

Sabtu, 23 April 2022 – 20:51 WIB
Mau Mudik Lebaran? Simak Tips Penting Dokter Andreas - JPNN.COM
Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, dr. Andreas, Sp.PD. ANTARA/Wuryanti Puspitasari.

jpnn.com, BANYUMAS - Dokter spesialis penyakit dalam dr. Andreas, Sp.PD memberikan tips bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2022. 

Dokter dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, Jawa Tengah, itu mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kondisi kesehatan tubuh saat melakukan mudik

"Jaga kondisi kesehatan agar perjalanan mudik lancar,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (23/4). “Pastikan pola tidur cukup, yakni tujuh jam hingga sembilan jam sehari,” tambahnya. 

Dokter Andreas mengingatkan masyarakat untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, bersih dan bergizi untuk mendukung daya tahan tubuh.

"Bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik dalam kondisi berpuasa maka perlu mencukupi kebutuhan cairan saat makan sahur dan berbuka agar terhindar dari dehidrasi," katanya.

Dia mengingatkan masyarakat yang memiliki riwayat penyakit tertentu agar senantiasa memperhatikan kondisi tubuhnya selama perjalanan mudik.

"Bila memiliki riwayat penyakit, pastikan obat-obatan dibawa dan diminum secara teratur, atau jika sedang melakukan ibadah puasa dapat diminum ketika sahur dan berbuka," pesannya.

Menurut dia, yang tidak kalah penting adalah masyarakat perlu mendapatkan vaksinasi dosis penguat atau "booster" setidaknya dua minggu sebelum melakukan perjalanan mudik. "Masyarakat juga perlu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19," katanya.

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Andreas, Sp.PD memberikan tips bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close