Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mau Mudik Naik Motor, Pengendara Wajib Bawa Alat Ini, Penting!

Kamis, 21 April 2022 – 10:37 WIB
Mau Mudik Naik Motor, Pengendara Wajib Bawa Alat Ini, Penting! - JPNN.COM
Selain mudik mengendarai motor bisa memangkas biaya, pemudik harus mempersiapkan kondisi yang matang mulai dari fisik dan beberapa toolkit. ilustrasi Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com, JAKARTA - Mudik lebaran tahun ini akan lebih terasa menyenangkan setelah sebelumnya nyaris tak ada karena pandemi covid-19.

Mudik dengan naik motor masih menjadi pilihan karena selain lebih praktis, biaya yang dikeluarkan lebih hemat ketimbang menggunakan angkutan umum.

Namun, perlu diingat bahwa mudik dengan motor harus dipersiapkan dengan matang, dari persiapan fisik hingga motor yang prima dan tentunya beberapa toolkit atau alat yang akan membantu saat kondisi darurat di perjalanan.

Motor yang akan digunakan untuk mudik wajib servis minimal satu minggu sebelum melakukan perjalanan.

Lakukan servis secara menyeluruh, terutama bagian mesin, oli, dan kelistrikan.

Meski begitu, pengemudi tetap membawa beberapa sparepart cadangan seperti busi, sambungan rantai, dan toolkit untuk menghadapi kondisi darurat di sepanjang perjalanan.

Lalu toolkit apa saja yang perlu dibawa?

Ada beberapa toolkit standar yang perlu dibawa seperti obeng, kunci busi, tang, kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm, 19mm, dan siapkan juga pelumas.

Toolkit tersebut sangat bermanfaat ketika motor mengalami masalah dan jauh dari bengkel sehingga bisa diperbaiki sendiri, misalnya membetulkan rantai yang sering kendur atau bahkan putus.

Selain mudik mengendarai motor bisa memangkas biaya, pemudik harus mempersiapkan kondisi yang matang mulai dari fisik dan beberapa toolkit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close