Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

May Day Fiesta, Said Iqbal: ATM Saldo Rp 500 Ribu per Buruh

Sabtu, 14 Mei 2022 – 17:25 WIB
May Day Fiesta, Said Iqbal: ATM Saldo Rp 500 Ribu per Buruh - JPNN.COM
Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam kegiatan May Day Fiesta di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). Massa demo May Day 2022 sebelumnya berunjuk rasa di depan Gedung DPR. Foto: ANTARA/Tri Meilani Ameliya

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan tuntutan kepada pemerintah di acara May Day Fiesta di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 14 Mei 2022.

Sebelum di GBK, massa demo May Day 2022 menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR.

Said Iqbal mengatakan May Day Fiesta menjadi momentum bagi Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia untuk mendorong perwujudan negara sejahtera yang berbasis kesejahteraan kelas pekerja.

Menurutnya, perwujudan negara sejahtera bisa dicapai melalui tiga prinsip, yaitu kesetaraan kesempatan, retribusi kekayaan yang adil dan merata, serta tanggung jawab publik.

Said Iqbal dalam konferensi pers "May Day Fiesta" di GBK seusai demo buruh 14 Mei di depan gedung DPR menjelaskan kesetaraan kesempatan adalah keadaan saat para pemodal diperbolehkan untuk kaya. Namun, para pekerja tidak boleh miskin.

Pria kelahiran 5 Juli 1968 itu mengatakan retribusi kekayaan yang adil dan merata dapat diwujudkan melalui jaminan-jaminan sosial.

Tokoh gerakan buruh Indonesia itu menyampaikan ada lima jaminan sosial yang didorong oleh sekitar 50 ribu massa buruh di GBK, yakni jaminan makanan, pendidikan gratis, perumahan, air bersih, dan jaminan pengangguran.

"Mengenai jaminan makanan, ini berarti tidak boleh ada rakyat kelaparan di negara kaya. Kami minta Pemerintah memberikan jaminan makanan sebesar Rp 500.000 dalam bentuk ATM kepada para buruh. ATM tersebut dipegang oleh ibu-ibu dan digesek saat hendak membeli kebutuhan makanan," ujar Said.

Demo Buruh 14 Mei: Di acara May Day Fiesta di GBK usai demo May Day 2022, Said Iqbal menyampaikan tuntutan setiap buruh mendapat ATM Rp 500 ribu per bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close