Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mayoritas Gen Z & Milenial Jember Lebih Memilih Faida Sebagai Calon Bupati

Rabu, 10 Juli 2024 – 13:37 WIB
Mayoritas Gen Z & Milenial Jember Lebih Memilih Faida Sebagai Calon Bupati - JPNN.COM
Mantan Bupati Jember Faida. Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Pemkab Jember

jpnn.com, JEMBER - Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) kembali melakukan survei untuk mengetahui pilihan gen z dan milenial Kabupaten Jember pada Pilkada 2024.

Dari survei itu diketahui anak muda memilih berdasar tiga karakter utama yakni tidak korupsi 82,8 persen, merakyat dan sederhana 67,8 persen, serta tegas dan berwibawa 72,4 persen.

Kemudian sebanyak 84,4 persen menekankan pentingnya rekam jejak baik dan 89,4 persen ingin calon bersih dari masalah hukum.

Direktur Eksekutif LPMM Robby Rosyadi mengatakan pada survei juga menunjukan ada lima nama calon bupati yang paling dikenal di kalangan gen Z Kabupaten Jember, yakni Faida 87,4 persen, Hendy Siswanto 81,1persen, Muhammad Balya Firjaun 64,3 persen, Karimullah Dahrujiadi 61,7 persen, dan Muhammad Fawait 59,4 persen.

"Nama calon Bupati Jember yang paling disukai dan diterima oleh gen Z serta milenial, yakni Faida sebanyak 86,8 persen. Kemudian petahana Bupati Jember Hendy Siswanto 60,1 persen, Gus Firjaun 56,5 persen, Karimullah Dahruaji 53,4 persen, Gus Fawait 49,6 persen, Jaddin Wajad 48,7 persen, dan Hadi Supaat 43,7 persen," kata Robby dalam keterangan persnya, Rabu (10/7).

Sementara, kata Robby, untuk elektabilitas dengan simulasi tujuh nama, Faida berada di posisi pertama dengan 28,6 persen, Hendy Siswanto 23,3 persen, Gus Firjaun 11,9 persen, Gus Fawait 9,3 persen. Kemudian Karimullah Dahruaji 8,4 persen, Muhammad Jaddin Wajad 3,7 persen, Hadi Supaat 2,9 persen, dan tidak memberikan pilihan 10,9 persen.

Adapun para responden dalam survei terpilih ini berasal dari 22 kelurahan, dan 226 desa, sebagai objek survei didasari karena mereka memiliki tingkat kesadaran politik lebih tinggi dibanding kelompok lain. Mahasiswa dari usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dianggap cenderung lebih aktif ikuti perkembangan politik dan kritis terhadap isu didaerah Jember.

Sementara pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang juga Warek UTM, Surokim Abdussalam menilai bahwa banyak pemilih gen z dan milenial lebih memilih Faida karena banyak program yang telah dilakukan terhadap anak-anak muda di Jember.

Berdasar hasil survei terbaru dari LPMM, mayoritas anak muda lebih memilih Faida sebagai bakal calon bupati Jember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close