Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mayoritas Jamaah Senior, Petugas Haji Bisa Kewalahan

Layanan Safari Wuquf Tetap Tersedia

Sabtu, 22 September 2012 – 08:12 WIB
Mayoritas Jamaah Senior, Petugas Haji Bisa Kewalahan - JPNN.COM
JAKARTA - Upaya pemerintah memangkas antrean calon jamaah haji usia lanjut menimbulkan dua dampak yang bertentangan. Di satu sisi kebijakan itu membuat jamaah usia lanjut berpeluang berangkat lebih awal. Tetapi, di sisi lain, petugas lokal di Arab Saudi bakal kewalahan karena meladeni jamaah haji senior dalam jumlah besar.

Pada upacara pelepasan penerbangan perdana calon jamaah haji di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, kemarin (21/9), Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu menuturkan, komposisi jamaah haji berumur lebih dari 70 tahun mencapai 80 persen.

Artinya jika saat ini kuota pokok jamaah haji berjumlah 211 ribu (reguler 194 ribu dan khusus 17 ribu), berarti calon jamaah haji yang berumur lebih dari 70 tahun mencapai 168.800 orang. Rekor jamaah haji tertua dipegang oleh Karto Masa"id dari Kapuas, Kalimantan Tengah, yang kini sudah berumur 110 tahun.

Komposisi jamaah haji yang hampir didominasi masyarakat usia lanjut itu semakin diperparah faktor kesehatan. Anggito menuturkan, sekitar 50 persen dari seluruh jamaah haji Indonesia masuk kategori beresiko tinggi (risti). "Ketentuan para jamaah dikategorikan risti ini dikeluarkan oleh teman-teman di Kementerian Kesehatan (Kemenkes, red)," jelas Anggito.

JAKARTA - Upaya pemerintah memangkas antrean calon jamaah haji usia lanjut menimbulkan dua dampak yang bertentangan. Di satu sisi kebijakan itu membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA