Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Rerie Dorong Sertifikasi SDM Pariwisata untuk Pengembangan Destinasi Wisata

Jumat, 30 Agustus 2024 – 19:12 WIB
Mbak Rerie Dorong Sertifikasi SDM Pariwisata untuk Pengembangan Destinasi Wisata - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) pariwisata untuk pengembangan destinasi wisata. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) pariwisata penting untuk mengoptimalkan kreativitas dalam pengembangan destinasi wisata, sehingga mampu meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung.

Hal itu diungkapkan Lestari Moerdijat saat memberi sambutan pada kegiatan Sosialisasi Standar dan Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan tema Pentingnya Standar dan Sertifikat Bagi SDM Pariwisata yang diselenggarakan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan u.p Direktorat Standardisasi Kompetensi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Museum Bahari, Jakarta, Jumat (30/8).

"Saat ini kita berhadapan dengan sebuah kesempatan di depan mata yang bisa menjadikan daerah kita menjadi destinasi wisata yang strategis. Destinasi wisata yang menarik, membutuhkan SDM yang memenuhi standar dan tersertifikasi," katanya.

Hadir pada acara tersebut antara lain, Ujang Sobari (Adyatama Ahli Muda Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Nova Paloh (Anggota DPRD Daerah Khusus Jakarta), Gumilar Ekalaya (Kepala Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Pariwisata dan Ekraf, Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi Daerah Khusus Jakarta), Veronica Tan (Ketua Yayasan Mitra Museum Jakarta), dan para pengelola museum di Jakarta.

Standardisasi SDM pariwisata, menurut Lestari, merupakan langkah yang penting.

Apalagi, kata Rerie, sapaan akrab Lestari, negara tetangga seperti Vietnam, Filipina dan Myanmar mulai membidik sektor pariwisata luxury dan private yang dikelola oleh para tenaga kerja.

"Karena itu pemerintah melalui Kemenparekraf berupaya secara konsisten meningkatkan upaya sertifikasi SDM pariwisata secara merata di tanah air," tutur Rerie.

Menurut Rerie, Jakarta yang sudah bukan berstatus ibu kota lagi sejatinya memiliki potensi pariwisata yang bisa berperan dalam peningkatan perekonomian daerah.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) pariwisata untuk pengembangan destinasi wisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA