Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Medan Berat Tak Halangi Warga Belu Upacara HUT RI Bersama Mendes

Rabu, 17 Agustus 2016 – 23:59 WIB
Medan Berat Tak Halangi Warga Belu Upacara HUT RI Bersama Mendes - JPNN.COM

jpnn.com - BELU - Ratusan masyarakat di perbatasan Indonesia-Timor Leste, begitu antusias mengikuti upacara memperingati 71 tahun Indonesia merdeka bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Sandjojo, Rabu (17/8). 

Padahal untuk dapat tiba di lapangan upacara yang dipusatkan di lapangan kantor Desa Foeka, Nanaet Duabesi, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), mereka harus berjalan naik turun gunung. 

Seperti Mama Petronella (47), warga Dusun Fatoleno harus berjalan sekitar tiga kilometer naik turun bukit bebatuan. Dia tidak sendiri, bahkan mengajak serta ke empat buah hati tercinta, yang berusia belia. 

"Baru ini saya melihat menteri. Kami merasa senang karena banyak program dari negara yang ada sekarang," ujar Mama Petronella di sela-sela perayaan yang diisi sejumlah pagelaran hingga kegiatan hiburan seperti tarik tambang.

Desa Foeka merupakan salah satu desa di kawasan perbatasan Indonesia-Timor Leste. Jarak desa ini dengan negara tetangga lebih kurang tiga kilometer. Kondisi geografis berbukit dan tandus merupakan tantangan berat bagi masyarakat berpenduduk 657 jiwa tersebut. 

Mama Petronella adalah salah satu warga yang sehari-hari bertani. Komoditas yang ditanam bermacam-macam, ada jagung, ubi, juga tomat dan aneka buah-buahan. Pada musim hujan, mereka juga mencari madu lebah.

"Suami saya tinggal di Timor Leste, sudah tidak pulang selama 4 tahun," ujar Mama Petronella.

Menurut Mama Petronella, hasil pertanian biasanya dijual ke Pasar Atambua. Jaraknya, ditempuh dalam waktu  lebih kurang dua jam perjalanan menggunakan mobil truk penumpang atau pickup yang melintas kampung dua kali dalam sehari. 

BELU - Ratusan masyarakat di perbatasan Indonesia-Timor Leste, begitu antusias mengikuti upacara memperingati 71 tahun Indonesia merdeka bersama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close