Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Medsos Hanya Alat, Gus Muwafiq Sebut Unsur Penting dalam Berdakwah

Senin, 18 April 2022 – 00:20 WIB
Medsos Hanya Alat, Gus Muwafiq Sebut Unsur Penting dalam Berdakwah - JPNN.COM
Gus Muwafiq dalam dialog Inspirasi Ramadan program ngabuburit bertajuk Dakwah Melalui Media Sosial yang dipandu Abdul Ghani di akun BKN PDI Perjuangan di YouTube, Minggu (17/4). Foto: BKN PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ulama Nahdlatul Ulama (NU) KH. Ahmad Muwafiq menilai media sosial merupakan salah satu alat untuk menyampaikan dakwah. Pria yang akrab disapa Gus Muwafiq itu menyampaikan ada unsur penting yang harus diutamakan dalam berdakwah.

"Yang terpenting adalah ruhu dakwah. Roh dalam berdakwah, semangat dalam berdakwah," kata Gus Muwafiq dalam dialog Inspirasi Ramadan program ngabuburit bertajuk Dakwah Melalui Media Sosial yang dipandu Abdul Ghani di akun BKN PDI Perjuangan di YouTube, Minggu (17/4).

Gus Muwafiq menilai pentingnya menanamkan roh dalam berdakwah yang bertumpu pada nilai-nilai dan tuntunan Al-Qur'an. Dia menuturkan materi dakwah dan penyampaiannya harus mengandung nilai-nilai penting ajaran Islam tersampaikan dengan baik.

"Roh dakwah itu teksnya ada, yang pertama dengan hikmah. Mau media apa pun jangan meninggalkan hikmah," jelas Gus Muwafiq.

Gus Muwafik menjelaskan ada urutan-urutan yang harus dijaga dalam menyampaikan dakwah di media sosial. Pendakwah harus menjaga etika dan tata krama ketika hendak menuliskan atau menyampaikan buah pikiran.

Dia menilai media sosial memungkinkan siapa pun melakukan apa saja tanpa ada batas. Namun, ide dan tulisan yang terjaga akan mampu menebar kebajikan.

"Tulislah yang bagus, yang tentunya mengandung nilai-nilai mauidzah hasanah (contoh yang baik)," jelas Gus Muwafik

Lebih lanjut Gus Muwafik menjelaskan, setelah terpenuhi hikmah dan contoh yang baik, maka langkah selanjutnya adalah berdebat. Dia menilai berdebat juga harus sesuai tuntunan Islam dan menyampaikan dengan kebajikan.

Pendakwah harus berhati-hati menyampaikan pendapatnya di tengah tren penggunaan media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close