Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melacak Kasus Covid-19, Dinkes OKU Menyiapkan 1.000 Unit Alat Tes Cepat Antigen

Senin, 09 Agustus 2021 – 05:55 WIB
Melacak Kasus Covid-19, Dinkes OKU Menyiapkan 1.000 Unit Alat Tes Cepat Antigen - JPNN.COM
Pelaksana Harian Bupati OKU, Edward Chandra meninjau kesiapan Puskesmas dalam menangani kasus COVID-19, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/21)

jpnn.com, BATURAJA - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, terus berupaya menekan penyebaran Covid-19.

Dinkes OKU sudah menyiapkan 1.000 unit alat tes cepat antigen untuk melacak kasus Covid-19 di wilayah tersebut agar tidak menyebar luas.

"Saat ini stok alat tes antigen di OKU sebanyak 1.000 unit," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU Andi Prapto di Baturaja, Minggu (8/8).

Ribuan alat tes cepat antigen tersebut akan didistribusikan ke 18 puskesmas di OKU untuk memeriksa warga yang terindikasi terpapar Covid-19.

Pemeriksaan tersebut akan difokuskan di daerah-daerah yang masih banyak penularan, khususnya bagi warga yang berkontak erat dengan pasien Covid-19.

Selain itu, pemeriksaan tersebut juga menyasar beberapa lokasi yang dinilai risiko tinggi seperti pasar, swalayan, perkantoran, tempat ibadah dan tempat fasilitas umum lainnya di sana.

Menurut Andi, tes antigen sangat efektif untuk melacak kasus Covid-19 karena dapat memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu 15 menit.

Tes cepat antigen dinilai lebih efektif sehingga tidak terjadi rentang waktu lama antara penularan dengan pengumuman hasil tes.

Dinkes OKU sudah menyiapkan 1.000 unit alat tes cepat antigen untuk melacak kasus Covid-19 di wilayah tersebut agar tidak menyebar luas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close