Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melbourne Alami Mati Lampu di Malam Terpanas

Senin, 29 Januari 2018 – 06:00 WIB
Melbourne Alami Mati Lampu di Malam Terpanas - JPNN.COM

Ribuan rumah mengalami pemadaman listrik justru di saat negara bagian Victoria, Australia, mengalami malam terpanas dalam musim panas kali ini. Tingginya pemakaian daya listrik dituding sebagai penyebab kegagalan di seluruh jaringan distribusi.

Suhu udara tidak turun di bawah 30 derajat celcius di Kota Melbourne sampai jam 4:00 Senin (29/01/2018) pagi, dan tetap di atas 30C di daerah Mildura dan barat laut Victoria.

Sekitar 50.000 rumah di seluruh Victoria mengalami pemadaman, dan masih banyak yang belum pulih pada Senin pagi.

Pemerintah Victoria mengatakan meskipun pasokan daya listrik besar, namun lonjakan permintaan menyebabkan banyak sekring terputus dan kegagalan transformer dalam di jaringan distribusi.

Menteri Energi Victoria Lily D'Ambrosio mengatakan permintaan listrik ini merupakan yang tertinggi yang pernah tercatat di Victoria pada hari Minggu.

"Ada 46.000 warga kehilangan pasokan energinya karena kombinasi berbagai faktor, semua terkait dengan panas dan kelembaban berlebihan yang terbentuk selama beberapa hari," jelasnya.

"Permintaan puncak itu sekitar 9.100 megawatt," tambah Menteri D'Ambrosio.

"Itu terjadi sekitar pukul 17.30 malam, dengan tekanan tambahan pada infrastruktur listrik dan itulah yang menyebabkan pemadaman lokal di seluruh bagian negara," ujarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA