Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melihat Kontes Kambing Senduro, Harga Satu Ekor Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Senin, 28 Agustus 2023 – 04:18 WIB
Melihat Kontes Kambing Senduro, Harga Satu Ekor Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah - JPNN.COM
Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau Kontes Kambing Senduro Piala Presiden 2023 yang digelar perdana di Lapangan Bumi Perkemahan Glagah Arum, Desa Kandangtepus, Minggu (27/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang

jpnn.com, LUMAJANG - Bupati Lumajang Thoriqul Haq membuka gelaran Kontes Kambing Senduro Piala Presiden Tahun 2023, Minggu.

Acara ini digelar perdana di Lapangan Bumi Perkemahan Glagah Arum, Desa Kandangtepus, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Kontes Kambing Senduro tingkat nasional tersebut merupakan kegiatan yang sudah diharapkan oleh masyarakat, utamanya para peternak kambing di Kecamatan Senduro," kata Thoriqul Haq.

Menurutnya, Kontes Kambing Senduro yang dilaksanakan di Lumajang menjadi apresiasi bagi para peternak kambing di wilayah kecamatan tersebut karena kegiatan itu sejak lama diharapkan bisa digelar.

"Kami berkeinginan agar populasi kambing Senduro terus dikembangbiakkan. Itu sebuah potensi asli Lumajang yang sudah diakui negara," ujarnya.

Di Kecamatan Senduro dan Pasrujambe menjadi daerah penghasil hewan ternak kambing dengan karakteristik yang unik, sehingga banyak kambing Senduro yang mencapai harga ratusan juta rupiah.

Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara Noor mengatakan bahwa kambing Senduro menjadi salah satu produk peternakan yang patut dibanggakan, tidak hanya bagi masyarakat Lumajang melainkan masyarakat Indonesia karena sudah diakui sebagai sumber daya genetik asli Indonesia.

"Itu menjadi kebanggaan kita semua, itu asli Indonesia, dicatatkan sebagai sumber daya genetik Indonesia. Kami selenggarakan kontes itu sebagai bentuk kecintaan terhadap potensi," katanya.

Kontes Kambing Senduro yang dilaksanakan di Lumajang mendapat apresiasi bagi para peternak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close