Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Memantau Langsung Penyaluran BLT Desa, Sugito: Penyerahannya Paling Objektif

Kamis, 22 Juli 2021 – 19:29 WIB
Memantau Langsung Penyaluran BLT Desa, Sugito: Penyerahannya Paling Objektif - JPNN.COM
Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito didampingi Direktur Advokasi dan Kerja Sama Desa dan Perdesaan, Muhammad Fachri melaksanakan pemantauan penyaluran Bantuang Langsung Tunai (BLT). Foto: Kemendes

jpnn.com, SUKABUMI - Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito menyatakan penyaluran Bantuang Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) paling objektif.

Pasalnya, penerima manfaat juga merupakan hasil musyawarah pemerintah bersama masyarakat desa sehingga dapat tepat sasaran.

"BLT ini menurut saya penyerahannya paling objektif karena masyarakat desa sendiri yang menentukan, memusyawarahkan bersama dan mengambil keputusan. Ketika musyawarah mereka melihat apakah warga ini layak atau tidak. Kan masyarakat tahu secara faktual," papar Sugito saat memantau penyaluran BLT Desa didampingi oleh Direktur Advokasi dan Kerja Sama Desa dan Perdesaan, Muhammad Fachri di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (22/7).

Pemantauan ini bertujuan untuk memastikan penyaluran BLT Desa tepat sasaran dan dilaksanakan secara objektif berdasarkan data Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) yang ada.

Sugito menjelaskan BLT Desa dilaksanakan untuk membantu ekonomi dan sosial yang terjadi pada masyarakat miskin yang terdampak Pandemi Covid-19.

Menurut dia, secara umum penyaluran BLT Desa di Sukabumi sudah berjalan baik. Walaupun baru masuk bulan ke-5 namun penyalurannya sudah di atas 51 persen dan angka ini telah melebihi rata rata nasional.

BLT Desa dianggarkan hingga Desember 2021 untuk menopang kebutuhan ekonomi masyarakat miskin yang terdampak pandemi.

Dalam pelaksanaannya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya.

Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito menyatakan penyaluran Bantuang Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) paling objektif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close