Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menag Yaqut Ungkap Keberhasilan Mendorong Perbaikan Lembaga Pendidikan

Rabu, 09 Oktober 2024 – 22:21 WIB
Menag Yaqut Ungkap Keberhasilan Mendorong Perbaikan Lembaga Pendidikan - JPNN.COM
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutannya pada Religion fest di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/10). Foto: Kenny Kurnia Putra/jpnn.com

jpnn.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan pihaknya berhasil mendorong perbaikan lembaga pendidikan terutama pesantren.

Hal ini diungkapkan dalam sambutannya pada Religion fest di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/10).

"Madrasah kini menjadi pilihan utama siswa, prestasi mereka juga membanggakan. Setiap tahun puluhan siswa masdrasah masuk 100 besar nilai ujian dan sering menang olimpiade tingkat nasional," kata Menag Yaqut.

Pria yang akrab disapa GusMen itu menyebutkan pihaknya juga berhasil menegerikan puluhan madrasah dan sekolah keagamaan yang memiliki potensi untuk berkembang.

"Kementerian agama menegerikan mereka agar terjamin masa depannya. Kemenag, juga berhasil menaikkan akreditasi perguruan tinggi keagamaan negeri yang sebelumnya hanya tujuh menjadi 18," lanjutnya.

Tidak hanya itu, Kemenag juga berhasil mentransformasi 18 Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dan 13 sekolah tinggi menjadi institusi.

"Kemenag juga berhasil mendirikan Cyber Islamic University dan menjadi Universitas Islam pertama di Indonesia dan telah ada 4200 mahasiswa yang belajar di sana," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan pihaknya telah berhasil mendorong salah satu program prioritas yakni kemandirian untuk 3600 pesantren.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan kementeriannya berhasil mendorong perbaikan lembaga pendidikan terutama pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA