Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker: Pembangunan Ketenagakerjaan Butuh Sinergitas Pusat dan Daerah

Jumat, 18 Oktober 2019 – 06:32 WIB
Menaker: Pembangunan Ketenagakerjaan Butuh Sinergitas Pusat dan Daerah - JPNN.COM
Menaker Hanif Dhakiri. Foto: Kemnaker

jpnn.com, TANGERANG - Masifnya perubahan di sektor ketenagakerjaan di dunia saat ini, pemikiran serta terobosan yang inovatif diperlukan dalam pembangunan ketenagakerjaan. Maka dari itu, peran pemerintah pusat dan daerah dituntut agar terus saling sinergi agar semua program kerja dan kebijakan yang nantinya diimplementasikan bisa berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M.Hanif Dhakiri saat memberikan arahan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Ketenagakerjaan Tahun 2020 dengan tema “Membangun Sinergitas Ekosistem Ketenagakerjaan” di Tangerang, Banten, Kamis (17/10).

Hanif menyampaikan Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Provinsi dalam rangka pelaksanaan program pembangunan ketenagakerjaan yang dibiayai melalui Dana APBN dan APBD tahun 2020.

Hanif memandang perlunya perhatian baik dari pemerintah pusat dan daerah kedepannya terkait 4 isu terkait ketenagakerjaan, di antaranya yakni:

1. Ekosistem ketenagakerjaan ; kondisi ekosistem ketenagakerjaan kita masih kaku sehingga berdampak pada penciptaan lapangan kerja yang tersendat, yang juga merupakan salah satu penghambat masalah investasi di Indonesia. Hal ini tentu perlu adanya sinergi responsif baik dari pusat maupun daerah , agar penciptaan pekerjaan bisa terus tumbuh.

2. Pengembangan skill ; ketidaksesuaian skill yang ada dipasar kerja. Terkait hal ini kolaborasi partisipasi dari dunia usaha sangat penting diperlukan. Serta Dorong daerah agar lebih aktif partisipasinya dalam bersinergi dengan pusat.

3. Ekosistem kewirausahaan; terkait hal ini tujuan yang kita harapkan yakni bagaimana mereka ini bisa masuk ke pasar kerja dan bisa berwirausaha. Kita perlu memberikan ruang bagi para millenials yang kita latih, serta pentingnya penguatan sinergi kepada para umkm , dan platform digital agar trend ini bisa terus berkembang.

4. Ekosistem inovasi ; Peran Pemerintah daerah sangat penting dalam hal ini ditengah banyaknya kaum millenials yang kreatif dan produktif didaerahnya masing-masing. Pemerintah daerah dituntut untuk terus memberikan dukungan terhadap perkembangan industri kreatif.

Peran pemerintah pusat dan daerah dituntut agar terus saling bersinergi agar semua program kerja dan kebijakan diimplementasikan dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close