Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Sambut Baik Forum Satu Data Ketenagakerjaan di Yogyakarta, Begini Harapannya

Kamis, 04 November 2021 – 20:20 WIB
Menaker Sambut Baik Forum Satu Data Ketenagakerjaan di Yogyakarta, Begini Harapannya - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat memberikan arahan pada Forum Satu Data Ketenagakerjaan yang berlangsung di Yogyakarta secara virtual, Kamis (4/11). Foto: Kemnaker

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut baik atas diselenggarakannya Forum Satu Data Ketenagakerjaan di Yogyakarta pada 3-5 November.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut semua pihak terkait bisa menyepakati daftar data bidang ketenagakerjaan yang harus tersedia dan berguna untuk mengukur kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi bidang ketenagakerjaan, serta merencanakan pembangunan ketenagakerjaan ke depan mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

"Penyelenggaraan forum ini sesuai amanat dari Pasal 13 ayat (2) Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Satu Data Ketenagakerjaan," kata Menaker Ida Fauziyah saat memberikan arahan pada acara forum tersebut secara virtual, Kamis (4/11).

Ia juga berharap adanya komitmen dari semua penyelenggara pemerintahan bidang ketenagakerjaan untuk dapat menghimpun dan menyediakan data ketenagakerjaan sesuai daftar data yang telah disepakati bersama.

Selanjutnya dapat diinternalisasikan dalam setiap proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kebijakan dan program pembangunan di bidang ketenagakerjaaan.

"Sehingga pada akhirnya kita bersama-sama dapat menciptakan ekosistem satu data ketenagakerjaan yang saling terintegrasi dan terpadu antara pusat dan daerah, antarunit teknis yang menangani masing-masing urusan ketenagakerjaan dan antara kementerian atau lembaga maupun organisasi perangkat daerah," ujar mantan anggota DPR itu.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono mengatakan forum tersebut merupakan bagian dari implementasi kebijakan Satu Data Ketenagakerjaan yang telah di-launching Menaker pada 5 November 2020.

"Forum Satu Data Ketenagakerjaan merupakan wadah untuk melakukan komunikasi dan koordinasi antara Pembina Data Ketenagakerjaan, Pengarah, Walidata Ketenagakerjaan, dan Produsen Data Ketenagakerjaan," kata Bambang.

Menaker Ida Fauziyah menilai penyelenggaraan Forum Satu Data Ketenagakerjaan sesuai amanah Permenaker 15/2020

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close