Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menakertrans Kirim Tim ke Batam

Usut Bentrok Tenaga Kerja Asing

Jumat, 23 April 2010 – 04:02 WIB
Menakertrans Kirim Tim ke Batam - JPNN.COM
JAKARTA - Insiden pembakaran dan pengrusakan dalam demonstrasi karyawan di PT Drydock World Graha, Batam, segera disikapi pemerintah. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) membentuk dan menerjunkan Tim Pencari Fakta yang berangkat tadi malam ke lokasi PT Drydock  World Graha di Batam. Tim segera berkoordinasi dengan Disnaker Batam untuk meneliti kemungkinan pelanggaran hak-hak normatif ketenagakerjaan dalam insiden yang dipicu unsur SARA tersebut.

"Tim saya perintahkan bekerja cepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa waktu lama," ujar Menteri Tenaga Kerja (Menakertrans) Muhaimin Iskandar di Jakarta kemarin (22/4).

Agar kasus seperti ini tidak terulang lagi, Muhaimin mengatakan akan menerbitkan Surat Edaran kepada seluruh perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA). Agar perusahaan melakukan sosialisasi tentang tata cara dan budaya kerja di Indonesia dan menghindari konflik serupa. Muhaimin sendiri mengaku menyesalkan terjadinya unjuk rasa yang berakhir dengan kerusuhan PT Drydock World Graha, Batam tersebut.

"Laporan sementara ini dipicu miskomunikasi antara Tenaga Kerja Asing dengan tenaga lokal. Semoga hal ini menjadi pelajaraan bagi kita semua, terutama perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing," kata mantan Wakil Ketua DPR RI tersebut.

JAKARTA - Insiden pembakaran dan pengrusakan dalam demonstrasi karyawan di PT Drydock World Graha, Batam, segera disikapi pemerintah. Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close