Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menapaki Lumpur & Diterpa Badai demi Merenung di Puncak Gunung saat Pergantian Tahun

Selasa, 03 Januari 2023 – 13:21 WIB
Menapaki Lumpur & Diterpa Badai demi Merenung di Puncak Gunung saat Pergantian Tahun - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama para koleganya saat mendaki Gunung Sanghyang di Bali pada Sabtu, 31 Desember 2022. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com - Guyuran hujan disertai hawa dingin menyelimuti Gunung Sanghyang di Kabupaten Tabanan, Bali pada hari terakhir 2022. Di puncak gunung berketinggian 2.087 meter di atas permukaan laut itu, Hasto Kristiyanto bersama para koleganya melewati pergantian tahun.

Laporan Fathan Sinaga, Tabanan

RASA lega terpancar dari wajah Hasto dan kawan-kawannya mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan). Pakaian basah, lumpur yang menempel, dan hawa dingin menusuk tulang seolah tidak mengurangi kebahagiaan mereka.

Sekretaris jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tiba di puncak Gunung Sanghyang sekitar pukul 23.00 WITA.

Bersama pemuka agama di Bali, Ida Ratu Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun "Kasuhunan Kedhatuwan Kawista" atau yang akrab dengan panggilan Ratu Bhagawan, Hasto berada berada di gelombang pertama rombongan yang tiba di puncak.

Sebelum mendaki, Hasto dan rombongan mengikuti ritual dan doa menurut keyakinan masing-masing di kediaman Ratu Bhagawan di Kedhatuwan Kawista Pura, di Desa Blatungan, Pupuan, Tabanan.

Ratu Bhagawan sempat melukat atau memandikan Hasto beserta rombongan melalui ritual pembersihan diri sebelum pendakian. Selanjutnya, pendakian dimulai pada sore hari.

Di usia yang tidak muda lagi, Ratu Bhagawan tampak masih bertenaga memandu rombongan pendaki. Pria berusia 60 tahun itu tiba di puncak Sanghyang tanpa menunjukkan wajah lelah.

Guyuran hujan dan terpaan badai yang melanda Gunung Sanghyang di Bali pada momen akhir 2022 dan hari pertama 2023 tidak menyurutkan para pendaki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close