Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendag Terbang ke Amerika Serikat, Ada Apa?

Sabtu, 27 Maret 2021 – 21:55 WIB
Mendag Terbang ke Amerika Serikat, Ada Apa? - JPNN.COM
Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada 24-28 Maret 2021.

Menurut dia, kunjungan itu dalam rangka memperkuat hubungan dagang kedua negara, karena AS merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia.

“Begitu pula Indonesia yang merupakan mitra dagang bagi AS," ujar Lutfi dalam siaran resmi diterima di Jakarta, Sabtu (27/3).

Dia mengatakan, total perdagangan Indonesia-AS pada 2020 mencapai USD 27,2 miliar dengan surplus sebesar USD 10,04 miliar

"Hubungan kedua negara perlu terus diperkuat dan ditingkatkan, sehingga potensi perdagangan dapat terus tumbuh dan investasi AS di Indonesia dapat semakin meningkat,” ungkap dia.

Mantan Dubes Indonesia untuk AS itu menyampaikan produk-produk yang menyumbang pertumbuhan positif perdagangan kedua negara antara lain elektronik, hasil laut, furnitur, perhiasan, dan produk kimia.

AS juga merupakan 10 besar investor Indonesia. Nilai investasi AS ke Indonesia pada 2020 tercatat mencapai USD 480,1 juta.

Dia menyebutkan, sejumlah pertemuan dilakukan dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja tersebut. Salah satunya adalah pertemuan Mendag Lutfi dengan United States Trade Representative (USTR) yang baru dilantik, Duta Besar (Dubes) Katherine Tai secara virtual pada Kamis (25/3) waktu Washington DC.

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada 24-28 Maret 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close