Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Minta Publik Tak Pilih Calon Petahana yang Kedodoran Hadapi Corona

Senin, 22 Juni 2020 – 16:53 WIB
Mendagri Minta Publik Tak Pilih Calon Petahana yang Kedodoran Hadapi Corona - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian saat Talkshow Nasional Is Me dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6). Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat menjadikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sebagai momentum mengevaluasi pimpinan di wilayah.

Tito mengatakan, kepala daerah yang tak bisa mengatasi pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19) secara efektif sebaiknya tidak dipilih lagi.

"Kepala daerahnya tidak efektif menangani COVID-19, ya, jangan dipilih lagi. Sebab, rakyat membutuhkan kepala daerah yang efektif bisa menangani persoalan COVID-19 di daerah masing-masing berikut dampak sosial ekonominya,” kata Tito di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (21/6).

Menurut Tito, Pilkada Serentak 2020 tetap akan digelar pada tahun ini meski ada beberapa pihak yang mempersoalkannya. Mantan Kapolri itu pun mengharapkan polemik tentang Pilkada Serentak 2020 tetap digelar tahun ini bisa segera diakhiri.

Menurut Tito, narasi soal pilkada serentak seharusnya bisa diubah. Pilkada, katanya, bisa dijadikan momentum untuk menekan penularan COVID-19.

"Pilkada ini seharusnya mengubah tantangan menjadi peluang. Jadi, ubah tantangan menjadi peluang," ucap Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, pilkada yang dikhawatirkan bakal menjadi media penyebaran COVID-19 harus diubah menjadi sarana untuk menekan penularannya.

"Semua bergerak agar isu yang diangkat dalam kontestasi pilkada tentang penanganan COVID-19. Efektivitas penanganan COVID-19 di daerah itu dan penanganan dampak sosial ekonominya," ujar dia.

Mendagri Tito Karnavian meminta masyarakat menjadikan Pilkada Serentak 2020 sebagai momentum mengevaluasi pimpinan di wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close