Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Tito Karnavian Minta Pemda Jaga Stabilitas Laju Inflasi Usai Libur Lebaran

Selasa, 23 April 2024 – 06:20 WIB
Mendagri Tito Karnavian Minta Pemda Jaga Stabilitas Laju Inflasi Usai Libur Lebaran - JPNN.COM
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bkhati Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (22/4). Foto: Dokumentasi Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah menjaga pertumbuhan laju inflasi usai perayaan hari raya Idulfitri.

Mendagri Tito menyampaikan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bkhati Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (22/4).

"Kita melihat bahwa inflasi jangan sampai kita kendur (pengendaliannya), kita harus tetap jaga dan rawat," kata Mendagri Tito.

Mendagri Tito mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat inflasi Indonesia secara year on year (YoY) pada Maret 2024 sebesar 3,05 persen atau terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 102,99 pada Maret 2023 menjadi 106,13 pada Maret 2024.

Menurutnya, angka ini masih stabil, karena pemerintah menargetkan inflasi berada di angka 2,5 persen dengan angka paling rendah 1,5 persen dan tertinggi 3,5 persen.

"Itu angka yang relatif terkendali yang bisa menyeimbangkan antara produsen dan konsumen," tegasnya.

Meski relatif terkendali, Mendagri Tito mengingatkan pemda agar tetap mewaspadai kenaikan laju inflasi.

Mendagri menekankan pentingnya manajemen dan koordinasi yang konsisten, baik di tingkat pusat maupun daerah guna menjaga inflasi tetap terkendali.

Ini sejumlah hal yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close