Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendikbud Nadiem Makarim Naikkan Anggaran BOS 2021

Rabu, 23 September 2020 – 19:03 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim Naikkan Anggaran BOS 2021 - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim dalam Raker Komisi X DPR RI. Foto: Tangkapan layar TV Parlemen

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan tidak akan menurunkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun depan. Bahkan alokasi anggaran BOS 2021 ditingkatkan.

"Saya ingin menyampaikan kabar gembira bahwa dana BOS 2021 dinaikkan sehingga sekolah-sekolah yang siswanya sedikit dan di wilayah 3T bisa lebih leluasa menggunakan dana BOS untuk kebutuhan sarana prasarana sekolah," kata Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Rabu (23/9).

Selama ini kata Nadiem, sekolah yang siswanya sedikit dan di wilayah 3T kesulitan mengelola anggaran BOS karena.mendapatkan nominal sedikit. Tahun depan, mereka diberikan keleluasaan dengan menambahkan anggaran BOS.

Dia menyebutkan, dana BOS 2021 terdiri dari BOS reguler, afirmasi, dan kinerja. Ada perbedaan utama dalam penyaluran dana BOS 2021 dengan tahun ini. Di mana BOS (reguler) 2021 dibedakan antar-kabupaten/kota sesuai kondisi dan kebutuhan daerah.

"Perhitungan biaya satuan BOS reguler tingkat kabupaten/kota dilakukan berdasarkan indeks kemahalan konstruksi (IKK) dari Badan Pusat Statistik. Juga Indeks Besaran Peserta Didik (IPD) yaitu indeks jumlah peserta didik per sekolah," terangnya.

Dia menyebutkan, alokasi BOS reguler di 2021 mencapai Rp 52,504 triliun. Dengan rincian SD Rp 23,8 triliun, SMP Rp 11,65 triliun, SMA Rp 7,76 triliun, SMK Rp 8,65 triliun, dan SLB 645, 93 miliar.

BOS afirmasi tetap difokuskan pada daerah yang paling membutuhkan. Sedangkan BOS kinerja difokuskan pada sekolah penggerak

Untuk BOS afirmasi ada 5.335 sekolah yang mendapatkan dana masing-masing Rp 60 juta. BOS kinerja diberikan pada 8.900 sekolah dengan alokasi masing-masing Rp 60 juta. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Mendikbud Nadiem Makarim menaikkan anggaran BOS 2021 dan mulai tahun depan sekolah yang siswanya sedikit dan wilayah 3T akan mendapatkan BOS lebih banyak

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close