Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendikbud: NTB Jadi Contoh Penguatan Pendidikan Karakter

Minggu, 09 Juli 2017 – 19:49 WIB
Mendikbud: NTB Jadi Contoh Penguatan Pendidikan Karakter - JPNN.COM
Muhadjir Effendy. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi contoh penguatan pendidikan karakter (PPK). Hal itu diungkapkan Muhadjir saat mengunjungi beberapa yayasan pendidikan di Kota Ampenan di antaranya Muhammadiyah Boarding School, Yayasan Lentera Hati Bording School, Pondok Pesantren Nurul Jannah-Nahdlatul Wathan Ampenan.

“Hal yang luar bisa menyaksikan aktvitas pendidikan yang baik di NTB. Ini bisa menjadi contoh baik aktivitas secara nasional, dan semoga bisa terus berkembang,” ujar Muhadjir, Minggu (9/7).

Dia menyampaikan, penguatan pendidikan karakter di Boarding School sudah diterapkan. Tugas Kemendikbud adalah memastikan di sekolah-sekolah regular bisa menerapkan PPK yang telah dimasukkan dalam Kurikulum 2013, dengan memperkuat ekstrakurikuler dan ko-kurikuler.

“Penanaman pendidikan karakter di sekolah, anak-anak jangan dipaksakan dengan yang belajar yang macam-macam di dalam kelas, tetapi harus dirangsang siswa belajar aktif. Siswa ditanamkan kejujuran dan nilai-nilai Pancasila. Dengan itu maka akan lahir pribadi yang kokoh,” jelasnya.

Mantan rektor Universitas Negeri Malang ini menyampaikan akan mengambil cerita sukses tentang pelaksanaan PPK di Provinsi NTB, untuk dijadikan contoh penerapannya pada provinsi lain.(esy/jpnn)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi contoh penguatan pendidikan

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close