Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengenal Intelligent City, Konsep Smart City untuk IKN Nusantara

Rabu, 02 Maret 2022 – 08:11 WIB
Mengenal Intelligent City, Konsep Smart City untuk IKN Nusantara - JPNN.COM
Menenal konsep Intelligent City yang akan diterapkan di IKN Nusantara. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Budi Gunawan menjelaskan tentang visi ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Diketahui, IKN Nusantara memiliki visi 'Smart, Green, Beautiful, and Sustainable'.

Visi tersebut diterjemahkan sebagai pengembangan kota yang berdampingan dengan alam melalui konsep forest city serta smart and intelligent city.

Dengan begitu, IKN Nusantara diharapkan bisa menjadi kota yang mengedepankan inklusi sosial dan modern dengan memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

"Gagasan Intelligent City telah diterapkan diberbagai negara dan kota maju di dunia dan telah berhasil meningkatkan kualitas hidup masayarakat dunia yang hidup di berbagai kota dari seluruh penjuru dunia," kata Budi dalam keterangannya, Selasa (1/3).

Dia menekankan kunci keberhasilan intelligent city ialah kemampuan dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi sebagai fondasinya.

"Intelligent city merupakan konsep smart city yang ditambahkan dengan upaya untuk mengubah atau mentransformasi komunitas untuk menjadi lebih baik, lebih kreatif, dan terlibat dalam proyek-proyek pengembangan komunitas pintar yang dapat mendorong terciptanya suasana kota yang saling terkoneksi melalui dukungan teknologi," papar mantan wakil Kapolri itu.

Menurut dia, IKN Nusantara mampu mewujudkan visinya sebagai intelligent city sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lain di seluruh Indonesia.

Kabin Budi Gunawan menjelaskan konsep intelligent city yang menjadi wujud dari visi IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close