Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menginjak Usia 10 Tahun, Android Lollipop Tidak Lagi Mendapat Dukungan Google

Selasa, 16 Juli 2024 – 13:50 WIB
Menginjak Usia 10 Tahun, Android Lollipop Tidak Lagi Mendapat Dukungan Google - JPNN.COM
Sistem operasi Android. Foto: shutterstock/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Google mengumumkan tidak lagi memberi dukungan pengembangan layanan di ponsel-ponsel yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop.

Langkah itu mengingat sistem Android Lollipop atau Android 5.0 sudah eksis selama satu dekade atau sepuluh tahun.

Bagi teknologi yang berkembang begitu cepat, usia sistem operasi yang menginjak 10 tahun sudah tergolong teknologi yang memasuki usia sepuh.

"Kami menghentikan pembaruan Layanan Google Play untuk perangkat Android Lollipop, karena mereka menyumbang kurang dari 1 persen dari perangkat Android yang aktif."

"Perangkat Lollipop akan terus berfungsi tetapi tidak akan menerima fitur baru, pembaruan keamanan penting, dan mungkin tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi," demikian pernyataan Google.

Masa-masa di mana Google memberikan penamaan sistem operasinya, dengan nama-nama kudapan memang menyenangkan.

Android Lollipop sendiri diperkenalkan pada 2014 melalui ajang Google I/O, dan secara resmi dirilis global lima bulan kemudian melalui pembaruan over-the-air.

Lewat Lollipop yang terpasang di perangkat, diketahui pengguna dapat mencari lagu, foto, dan aplikasi bisa dicari dari satu perangkat, kemudian bisa dinikmati melalui berbagai perangkat Android lainnya.

Google mengumumkan tidak lagi memberi dukungan pengembangan layanan di ponsel-ponsel yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close