Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhub Budi Karya Sumadi Lepas Keberangkatan 9.600 Peserta Mudik Gratis Naik Kapal Laut

Jumat, 05 April 2024 – 21:14 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Lepas Keberangkatan 9.600 Peserta Mudik Gratis Naik Kapal Laut - JPNN.COM
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) melambai tangan ke kapal yang memuat peserta mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan 9.600 orang peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kemenhub 2024 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Program mudik gratis kali ini juga mengangkut sebanyak 4.800 sepeda motor.

"Hari ini saya senang sekali dapat hadir di tengah-tengah Bapak/Ibu sekalian dalam rangka melepas keberangkatan pertama mudik gratis sepeda motor naik kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," kata Menhub kepada seluruh pemudik gratis jalur kapal laut, di Jakarta, Jumat.

Budi Karya menyampaikan bahwa pemberangkatan tersebut merupakan keberangkatan pertama dari total rangkaian empat keberangkatan mudik gratis yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Menhub menyatakan, program mudik gratis tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenhub dalam mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan. Kepadatan pemudik bersepeda motor di jalan raya dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya dengan kapal laut.

"Kami berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini, karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal laut, para pemudik bisa istirahat di dalam kapal," ujar Budi.

Budi Karya mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mengikuti mudik gratis melalui kapal laut, sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor saat mudik perjalanan jarak jauh, yang dinilai berisiko tinggi.

"Saya senang karena ribuan penumpang yang naik dan ribuan motor yang berangkat pada hari ini. Tahun depan semoga kuotanya bisa dua kali lipat. Mudik motor naik kapal ini merupakan wujud mudik ceria yang berkeselamatan," kata Menhub.

Menhub Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan 9.600 orang peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kemenhub 2024 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close