Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Meningkatkan Kemampuan, Satkopaska Koarmada III Latihan Peperangan Laut Khusus

Sabtu, 17 Juni 2023 – 09:15 WIB
Meningkatkan Kemampuan, Satkopaska Koarmada III Latihan Peperangan Laut Khusus - JPNN.COM
Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Komando Armada (Koarmada) III mengikuti rangkaian latihan peperangan laut khusus di perairan Sorong, Papua Barat Daya, pada 5-15 Juni 2023. ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada III.

jpnn.com - JAKARTA - Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada III TNI Angkatan Laut meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan dengan latihan peperangan laut khusus (naval special warfare) di sekitar perairan Sorong, Papua Barat Daya.

Rangkaian latihan peperangan laut khusus yang digelar Koarmada III untuk Satkopaska itu berlangsung sejak 5 Juni 2023 dan berakhir 15 Juni 2023. Kegiatan latihan berlanjut dengan sesi manuver lapangan di Pulau Yefdoif/Pulau Senapan, Pulau Yefman, dan pulau-pulau sekitarnya.

Menurut Panglima Koarmada III Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmad Jayadi mengatakan, sesi latihan peperangan laut khusus itu bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan Kopaska sebagai salah satu pasukan elite TNI AL.

“Latihan itu untuk meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Kopaska sebagai pasukan khusus agar memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi,” kata Rachmad sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Jumat (16/6).

Rangkaian latihan yang terdiri atas sabotase dan skenario melumpuhkan musuh, itu digelar dengan mematikan radar pantai lawan, dan sarana komunikasi musuh lainnya yang dapat menghambat operasi.

Materi-materi lainnya yang dipraktikkan dalam sesi latihan, antara lain, long-range navigation, infiltrasi bawah air, perimeter pantai, taktik satuan kecil, asasinasi/melumpuhkan lawan, dan demolisi.

Komandan Satkopaska Koarmada III TNI AL Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory menjelaskan latihan itu menjadi kesempatan prajurit melatih kemampuan taktis dan teknis, serta mempraktikkan teori-teori dalam skenario operasi perang di lapangan.

Dia menjelaskan latihan-latihan itu merupakan salah satu cara memperkuat kemampuan prajurit terutama melaksanakan tugas renang rintis, OTB (Over The Beach), TSK (Taktik Satuan Kecil), sabotase demolisi, asasinasi (melumpuhkan lawan, red.), dan selam tempur. Seluruhnya merupakan keterampilan yang wajib dimiliki prajurit Kopaska TNI AL

Latihan peperangan laut khusus bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan Kopaska sebagai salah satu pasukan elite TNI AL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close