Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menjelang Pemilu, Polda Jateng Meningkatkan Patroli Siber

Senin, 14 Agustus 2023 – 14:50 WIB
Menjelang Pemilu, Polda Jateng Meningkatkan Patroli Siber - JPNN.COM
Mobil meriam air menyemprotkan air untuk membubarkan massa pada Latihan Sispam Kota di Lapangan Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (14/8). ANTARA/Anis Efizudin

jpnn.com - MAGELANG - Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) meningkatkan patroli siber menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Patroli siber itu dilakukan guna mengantisipasi berita-berita hoaks dan menyesatkan.

"Patroli siber dilakukan Direktorat Kriminal Khusus (Polda Jateng) termasuk humas juga kita libatkan," kata Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi seusai menghadiri Latihan Sispam Kota di Lapangan Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (14/10).

Jenderal bintang dua ini mengatakan bahwa dengan patroli siber itu, manakala ada berita-berita yang sifatnya hoaks atau menyudutkan dan sebagainya, maka Polri bisa mengingatkan dan membimbing.

"Kalau hal tersebut tidak bisa dilakukan maka bisa dimasukkan dalam ranah pidana dan itu menjadi prioritas wilayah jajaran Polda Jateng, karena siber untuk mengeliminasi, penetrasi, kalau ada berita-berita hoaks atau yang menyesatkan," katanya.

Berdasarkan pantauan siber, kata Irjen Luthfi, kondisi di Jawa Tengah untuk sementara ini aman dan terkendali.

Sementara itu, dia mengatakan bahwa simpam kota merupakan latihan terkait dengan tahapan-tahapan pemilu yang mempunyai potensi kerawanan.

"Jadi, tahapan pemilu itu semua ada potensi kerawanan sehingga anggota TNI dan Polri berikut pemangku kepentingan yang lain melakukan latihkan dari situasi hijau, kuning, dan merah," katanya.

Dia menjelaskan sispam kota itu intinya adalah seluruh kabupaten/kota, kapolres, komandan kodim mempunyai yuridiksi wilayah. Adapun wilayah itu harus diperkuat, dan masing-masing daerah mempunyai standar operasional prosedur SOP sispam kota masing-masing. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) meningkatkan patroli siber menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close