Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkes Apresiasi Langkah doctorSHARE yang Telah 14 Tahun Melayani Masyarakat Kurang Mampu

Senin, 20 November 2023 – 07:37 WIB
Menkes Apresiasi Langkah doctorSHARE yang Telah 14 Tahun Melayani Masyarakat Kurang Mampu - JPNN.COM
Peringatan HUT ke 14 doctorSHARE dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - DoctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) merayakan HUT yang ke-14 tepat pada 14 November 2023. Acara perayaan ulang tahun digelar di Batavia Marina, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Kegiatan itu dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beserta ratusan donatur, sukarelawan serta masyarakat yang selama ini telah memberi kontribusi untuk doctorSHARE.

Pendiri doctorSHARE dr. Lie Dharmawan dalam sambutan di kegiatan itu mengungkapkan rasa terima kasihnya yang besar untuk semua orang yang telah memberikan bantuan untuk yayasan nonprofit itu sehingga bisa memberi pelayanan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

"Ibu saya pernah mengatakan kalau nanti engkau jadi dokter, jangan memeras orang miskin. Mereka mungkin akan membayar kamu, tepai di rumah mereka akan menangis, karena tidak uang untuk membeli beras. Kini doctorSHARE juga melakukan semua ini karena kasih. Kasih kepada sesama manusia, kasih kepada sesama yang membutuhkan dan karena rasa bangga terhadap bangsa Indonesia," ujar dr Lie yang sedang berada di US.

Pemilik nama lengkap Lie Augustinus Dharmawan itu juga mengajak tim doctorSHARE, para sukarelawan, masyarakat penerima manfaat, serta semua pendukung doctorSHARE (donatur), untuk memaknai perjalanan 14 tahun ini sebagai sebuah kolaborasi yang berlandaskan pada kasih dan semangat nasionalisme untuk membangun Indonesia yang lebih sehat.

"Kita memberi bukan karena kita berkelebihan, kita memberi karena kita berempati kepada saudara-saudara kita yang berada dalam kesulitan," sambung dr. Lie.

Hal inilah yang kemudian menggerakan doctorSHARE dan para mitranya untuk tidak pernah berhenti berkontribusi melalui berbagai inovasi berkelanjutan demi meningkatkan akses layanan kesehatan yang lebih layak di daerah sulit akses.

"Itulah yang menjadi penyebab mengapa kita bahu membahu, tanpa melihat siapa kita dan apa profesi kita. Indonesia adalah satu dan kita lakukan ini demi Tuhan, demi bangsa, dan negara kita.” tambah Lie.

Empat belas tahun menjangkau negeri doctorSHARE sudah memberikan manfaat langsung kepada lebih dari 350 ribu penerima manfaat langsung, melalui intervensi program penjangkuan (Rumah Sakit Apung, Dokter Terbang, Pelayanan Medis Urban), program jangka panjang (RSA Nusa Waluya II, Program KIA Kei, Program Nias, Program Penanggulan TB Papua), Program Penanggulan Bencana, Klinik, Promosi Kesehatan, dan Junior doctor, Changing lives program (Kaki Pengkor dan Katarak), serta inisiatif program lainnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi doctorSHARE sudah membantu pemerintah memberikan kontribusi nyata menghadirkan akses layanan kesehatan di daerah 3T

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close